Guru SD, Konselor, dan Pendidikan Karir

Sebagai guru dan konselor, Anda tahu bahwa tahun-tahun sekolah dasar adalah penting. Selama tahun-tahun sekolah dasar, siswa Anda membangun visi tentang apa yang ingin mereka lakukan dalam hidup mereka saat mereka berkontribusi pada tenaga kerja. Dengan bantuan Anda, siswa Anda tetap terbuka untuk ide dan kemungkinan karir baru. Saat Anda bekerja dengan siswa Anda, siswa Anda tidak membuat pilihan karir prematur atau persiapan karier. Bagi siswa Anda, sekolah dasar adalah waktu untuk membangun kesadaran.

Air Mata Kepsek Jatuh Saat Perpisahan Siswa SD 005 Sepempang -
Guru SD, Konselor, dan Pendidikan Karir

Sebagai guru dan konselor sekolah dasar, Anda menggunakan pendidikan karir untuk mempromosikan strategi nilai diri, pengembangan keterampilan, dan pengambilan keputusan. Kegiatan Anda dirancang untuk membangun kesadaran diri, keluarga, sekolah, komunitas, dan karier. Anda menggunakan materi sesuai usia yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa Anda. Kegiatan ini mengekspos siswa Anda ke berbagai pekerjaan yang berbeda, sumber informasi karier, dan alasan mengapa orang bekerja.

Ketika Anda bersiap untuk mengembangkan produk, tes, dan alat bahan yang sesuai dengan usia, Anda menggunakan model karier seperti National Career Development Guidelines (NCDG). Pedoman Pengembangan Karir Nasional (NCDG) memiliki domain, tujuan, dan indikator. Setiap domain mewakili area pengembangan. Di bawah setiap domain, ada tujuan atau kompetensi. Untuk setiap tujuan, indikator menyoroti pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Pedoman Pengembangan Karir Nasional (NCDG) mempersiapkan Anda untuk membuat materi yang cocok untuk siswa Anda.

Sebagai konselor dan guru sekolah dasar, Anda membuat rencana karir individu dan portofolio. Rencana karir individu (ICP) –

Kembangkan kesadaran diri
Identifikasi tujuan karir awal dan rencana pendidikan
Meningkatkan keterampilan kerja dan pengambilan keputusan
Portofolio karir individu merangkum kegiatan dan pengalaman kesadaran karir yang terjadi selama tahun ajaran. Selain rencana karir individu dan portofolio, Anda menggunakan berbagai sumber daya –

Hari karir
Pameran karir
Pembicara komunitas
Kunjungan lapangan
Wawancara informasi
Karya sastra
Mentor
Kolase, mural
Permainan pendidikan
Bayangan pekerjaan
Presentasi dramatis
Semua kegiatan dan alat karir menggabungkan pekerjaan akademik dengan jalur karier. Kegiatan karir berfungsi sebagai fondasi untuk keterampilan masa depan. Sebagai guru dan konselor, Anda membantu siswa membangun hubungan antara akademisi dan situasi kehidupan nyata. Anda menggunakan kegiatan pendidikan karir untuk menekankan pentingnya seni bahasa, matematika, studi sosial, dan sains.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *